Langsung ke konten utama

TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI EKONOMI KLASIK KARL MARX, EMILE DURKHEIM, MAX WEBER PANDANGAN KARL MARX, EMILE DURKHEIM, MAX WEBER DALAM MENILAI PROSES EKONOMI (PRODUKSI,DISTRIBUSI, KONSUMSI)

TEMA  :          TOKOH-TOKOH SOSIOLOGI EKONOMI  KLASIK KARL MARX, EMILE DURKHEIM, MAX WEBER
JUDUL :         PANDANGAN KARL MARX, EMILE DURKHEIM, MAX WEBER DALAM MENILAI PROSES EKONOMI (PRODUKSI,DISTRIBUSI, KONSUMSI)

PROSES EKONOMI

Manusia sebagai mahluk sosial, tidak akan pernah lepas dari aktivitas-aktivitasekonomi sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhannya. Aktivitas-aktivitas tersebutsering juga disbut dengan proses ekonomi. Proses ekonomi sendiri adalah aktivitas secara keseruhan dari kegiatan ekomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi.

1. PRODUKSI

        Secara etimologi, kata produksi berasal dari bahasa Inggris “pembuatan; hasil”. Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia produksi diartikan sebagai “proses mengeluarkan hasil; penghasilan”. Pengertian produksi tersebut mencakup segala kegiatan, termasuk prosesnya yang dapatmenciptakan hasil, penghasilah dan pembuatan. Dengan demikian, produksi dapat didefinisikan sebagai proses dari segala kegiatan untuk membuat atau menghasilkanHasil dari kegiatan produksi adalah produk yang mana dalam Kamus BesarBahasa Indonesia mendefinisikannya sebagai : 1) barang atau jasa yang dibuat atau ditambah gunanya atau nilainya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi itu; 2) benda atau yang bersifat kebendaan seperti barang, bahan, atau bangunan yang merupakan hasil konstruksi; 3) hasil, hasil kerja.


1) Karl Marx
        Marx mengatakan manusia adalah makhluk yang mampu melakukan kerja. Manusia dianggap sebagai produsen melalui kerja yang dilakukannya. Proses kerja yang dilakukan menghasilkan suatu produk, merupakan hakekat manusia yang membedakannya dari makhluk lainnya, seperti binatang. Dalam kapitalisme, manusia sebagai pekerja tidak lagi mempunyai kontrol atas potensi yang terkandung dalam kerja mereka. Potensi yang dimaksudkan Marx adalah tenaga kerja (labour-power), kepada kapitalis dipertukarkan dengan benda abstrak yang terdapat dalam upah. Dalam  kapitalisme dikenal sistem upah-kerja. Kerja (produksi) tidak dianggap sebagai tindak pemenuhan kebutuhan (konsumsi) namun sekedar sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan. Manfaat tenaga kerja tidak lagi ditemukan pada kemampuan untuk menghasilkan objek yang dapat memenuhi dan mengembangkan kebutuhan pekerja, tetapi sebagai benda abstrak yang dapat dipertukarkan dengan upah. Pertukaran tersebut menyebabkan tenaga kerja menjadi komoditas. Sehingga manfaat tenaga kerja tidak lagi ditemukan pada kemampuan untuk menghasilkan objek yang dapat memenuhi dan mengembangkan kebutuhan para pekerja, namun sebagai benda abstrak yang dapat dipertukarkan dengan upah. Dengan demikian, sistem upah-kerja pada kapitalisme telah memisahkan kerja dengan kebutuhan. Sehingga kerja(produksi) tidak lagi menjadi tindak pemenuhan kebutuhan(Lee,2006:9-16).
Dalam buku The German Ideology (1846) Marx dan Engels mengemukakan ada empat corak produksi atau formasi sosial dalam perjalanansejarah manusia, yaitu:
  • Corak produksi primitif, yaitu ragam kesukuan yang terkait dengan bentuk produksi primitif seperti berburu-meramu, penggembalaan, dan pengolahan lahan secara sederhana
  • Formasi sosial perbudakan, seperti pada jaman Yunani dan Romawi kuno;
  • Formasi sosial feodal yang merujuk pada tatanan sosial-ekonomi Perancis danInggris sejak abad ke-8 hingga menjelang revolusi Perancis (1789);
  • Corak produksi kapitalis yang sudah muncul sekitar abad ke-16 dan menjadidominan dengan revolusi industri.
2) Emile Dukheim
        Dalam bukunya The Division of Labour in Society Durkheim menjelaskantentang dua tipe masyarakat yaitu: 
- Masyarakat solidaritas mekanik ditandai dengan pembagian kerja yang rendah, kesadaran kolektif yang kuat, dimonannya hukum refresif,saling ketergantungan yang rendah dan kolektivitas yang tinggi.
- Masyarakat solidaritas organik memiliki ciri tingginya spesialisasi pekerjaan,rendahnya kesadaran kolektif, dominannya hukum restitutif, individual, nilaiabstrak dan umum sebagai konsensus terpenting dalam komunitas dan salingketergantungan yang tinggi.
        Karakteristik yang ada pada masyarakat solidaritasmekanik merujuk pada masyarakat pedesaan sementara karakteristik masyarakatsolidaritas organik merujuk pada masyarakat perkotaan. Durkheim memandang masyarakat sebagai satu kesatuan normatif yang menggambarkan kebutuhan-kebutuhan yang ada dalam masyarakat. Karena meningkatnya populasi, kepadatan penduduk dan pembagian kerja dalam masyarakat, ia akan mengubah masyarakat solidaritas mekanik menjadi masyarakatsolidaritas organik. Durkheim menjelaskan perubahan masyarakat solidariritasmekanik kepada solidaritas organik melalui proses pertambahan penduduk yangdisertai kepadatan moral yang berupa pertambahan komunikasi dan interkasi diantra para anggota. Konsekuensi perjuangan hidup menjadi tajam, maka untukmencegah terjadinya konflik diadakanlah spesialisasi pekerjaan.

3) Max Weber (1864-1920)
          Dalam bukunya The Protestan Ethic and Spirit of Capitalism Weber menjelaskan bahwa penganut Protestan yang mempercayai konsep predistinasi yang memotivasi mereka untuk setia terhadap pekerjaan, berprestasi dalam pekerjaan, membatasi konsumsi serta gaya hidup yang rasional dan sistematis. Konsep predistinasi sendiri adalah gagasa bahwa keselamatan abadi di akhirat ataumasuk sorganya seseorang telah ditentukan oleh Tuhan yang ditandai dengan kesuksesan dan kesejahteraan yang dihasilkan oleh pekerjaan. Pola motivasi yang bersumber dari etika Protestan ini memiliki konsekuensi logis dan saling mendukung secara motivasional dengsn semangat kapitalisme moderen yang sedang berkembang, yaitu akutansi rasional, hukum rasional dan teknik rasional.

2.  DISTRIBUSI
            Secara etimologi kata distribusi berasal dari bahasa Inggris yaitu Distribution yang berarti penyaluran. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata distribusidiartikan sebagai penyaluran (pembagian, pengiriman) kepada beberapa orang atautempat. Sementara menurut para ahli ekonomi klasik distribusi adalah alokasi nilai-nilailangka yang dikaitkan dengan pertukaran sosial. Barang atau jasa yang memiliki nilai-nilai langka memperoleh nilai kelangkaan tersebut karena dikaitkan dengan aktivitasyang terhubung dengan tenaga kerja, kapital, tanah, atau organisasi. Dalam pandangan sosiologi, distribusi dapat dimengerti sebagai suatu perangkathubungan sosial yang melaluinya orang mengalokasikan barang dan jasa dihasilkan.Distribusi juga menunjuk suatu proses dari produksi barang dan jasa sampai ketangankonsumen. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa produksi merupakan proses perantara antara produksi dan konsumsi.

1)  Karl Marx
         Dalam bukunya Capital : A Critique of Political Economy, Marx  menjelaskan bahwa tiga tipe sirkulasi komoditi yang dialami umat manusia sepanjang sejarah:
1.Tipe K-K, yaitu sirkulasi komoditi yang sangat sederhana diamana suatukomoditi ditukar langsung dengan komoditi yang lainnya (barter).
2.Tipe K-U-K,yaitu sirkulasi komoditi yang dikonversikan dengan uang, kemudian dikonversikan lagikedalam bentuk komoditi yang lainnya
3.Tipe U-K-U, tipe siskulasi dimana uangditukarkan untuk membeli komoditi kemudia dijual lagi untuk memperoleh uang.

        Berdasarkan ketiga tipe sirkulasi koditi tersebut, dapat dikatakan bahwa tipesirkulasi komoditi yang pertama dan kedua itu berlaku dimasyarakat prakapitalis. Sementara tipe sirkulasi ketiga berlaku dimasyarakat kapitalis dimana uang dijadikansebagai modal untuk memperoleh uang lagi dalam jumlah lebih (akumulasi kapital). Menurut Marx, komoditi yang merupakan hasil dari aktivitas produktif sekaligussebagai aspek kemanusiaan dari para aktor, tidak lagi dapat dikontrol oleh aktor dalam jaringan hubungan sosial. Segala sesuatu dapat dibeli dengan uang, termasuk harkat danmartabat manusia. Konsekuensi logis dari keadaan ini adalah aktor merasa terasing terhadap diri dan dunia sosialnya.

2) Max Weber
        Dalam bukunya Ekonomy and Society (1922), Weber menjelaskan tindakansosial di pasar yang bermula dari persaingan dan berakhir dengan pertukaran.Pertukaran menunjukan pola dasar dari semua tindakan sosial rasional. Ia jugamenjelaskan tentang konflik / dalam pasar (market struggle). Untuk menjelaskankonflik yang diisi dengan usaha-usaha formal untuk memperoleh pengontrolanterhadap kesempatan dan keuntungan yang diharapkan oleh yang lainnya Weber menggunakan istilah pertentangan. Sementara konsep pertukaran merupakankepentingan dari bagian pada partai-partai, selama barang-barang atau keuntungan yang lain sebagai kompensasi timbal-balik.

3. KONSUMSI
        Konsumsi dalam pandangan sosiologi sebagai masalah selera, identitas, atau gaya hidup maksudnya terkait kepada aspek-aspek sosial budaya. Sosiolog memandang dari segi selera sebagai sesuatu yang dapat berubah, difokuskan pada kualitas simbolik dari barang (maksudnya jika di lihat orang menjadi menarik dan modis), dan tergantung dari persepsi tentang selera orang lain.
Konsumsi adalah kegiatan atau tindakan mempergunakan komoditas barang atau jasa untuk memenuhi keinginan, dengan cara atau sikap yang umum, yang dipengaruhi oleh struktur dan pranata sosial di sekitarnya. Skemanya adalah : Struktur dan pola serta cara dan sikap Pranata Sosial dalam kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi adalah tindakan atau kegiatan mempergunakan barang/jasa, di mana tindakan itu didasarkan pada makna subjektif, rasionalitas, emosi dan motif tertentu dari individu agar di mengerti dan dipahami oleh orang lain.

1) Karl Marx
        Dalam bahasannya mengenai komoditas, Marx membedakan antara alat-alat produksi (means of production) dan alat-alat konsumsi (means of consumption). Alat-alat produksi adalah komoditas yang memiliki suatu bentuk dimana komoditasmemasuki konsumsi produktif. Sedangkan alat-alat konsumsi (means ofconsumption) didefinisikan sebagai komoditas yang memiliki suatu bentuk dimanakomoditas itu memasuki konsumsi individual dari kelas kapitalis dan pekerja.Konsekuensi logis dari pembagian tersebut adalah pembagian jeniskonsumsi, yaitu konsumsi subsistensi dan konsumsi mewah. Konsumsi subsistensimerupakan alat-alat konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pokok kelas pekerjayang meliputi sandang, pangan dan papan. Sementara konsumsi mewah adalahaktvitas konsumsi yang dilakukan oleh kelas kapitalis yang hanya mengeluarkannilai surplus yang tidak diberikan kepada pekerja.Suprastruktur sosial dalam pandangan Marx dibangun atas fundameninfrastruktur ekonomi yang meliputi semua institusi seperti agama, politik dan lain-lain. Pola konsumsi sendiri merupakan refleksi dari basis insfrastruktur ekonomi.Seperti halnya pola konsumsi kaum borjuis tidak mungkin sama dengan pola konsumsi proletar yang disebabkan oleh perbedaan infrastruktur ekonomi.

2) Emile Durkheim
           Dalam bukunya The Division of Labour in Society Emile Durkheimmembagi dua tipe solidaritas masyarakat, yaitu mekanik dan organik. Pada masyarakat yang mempunyai karakteristik solidaritas mekanik pola konsumsi mereka relatif seragam. Sementara pada masyarakat yang mempunyai karakteristik solidaritas organik seperti kota, pola konsumsi mereka relatif  berbeda atau tidak seragam.Keseragaman pola konsumsi pada masyarakat yang berlandaskan pada solidaritas mekanik terjadi karena rendahnya spesialisasi pekerjaan. Sehingga pengahasilan yang mereka dapatkan dari pekerjaanya relatif tidak jauh berbeda. Sementara pada masyarakat yang berkarakteristik solidaritas organik spesialisasi pekerjaan sangat tinggi, sehingga penghasilan yang mereka dapatkan dari pekerjaanyapun relatif jauh berbeda antara si kaya dan si miskin.

3) Max Weber
           Dalam etika protestan seseorang didorong untuk bersifat asketik di dunia yaitu suatu komitmen untuk membatasi diri dari keinginan jasadi, inderawi, atau kenikmatan yang bersifat materialistik termasuk pola konsumsi. Dalam Economy and Society Weber menyatakan bahwa tindakan konsumsi dapat dikatakan tindakan sosial sejauh tindakan tersebut memperhatikan tingkah laku dari individu lain, oleh karena itu diarahakan pada tujuan tertentu. Max Webber dalam Economy and Society menyatakan bahwa tindakan konsumsi dapat dikatakan sebagai tindakan social sejauh tindakan tersebutmemperhatikan tingkah laku dari individu lain dan oleh karena itu diarahkan padatujuan tertentu. Sedangkan tindakan social itu sendiri,menurut Webber, terdiri dari :
  1. Zweckrationalitat / instrumentally rational action/tindakan rasionalinstrumental yaitu tindakan dan pilihan dari alat yang dipergunakan. Misalnya,untuk berpenampilan menarik ditempat kerja seorang wanita muda menggunakanlipstick. Atau agar bisa meraih dan simpati gadis idamannya, seorang pria membelimobil baru untuk mengantar jemut gadis idamannya ke kantor.
  2. Wertrationalitat/value rational action/tindakan rasional nilai yaitusuatu tindakan dimana tujuan telah ada dalam hubungannya dengan nilai absolutdan akhir bagi individu. Misalnya semua orang perlu makan untuk hidup, namun bagi seorng muslim tidak semua makanan boleh dimakan seperti khamar (alcohol).Atau semua orang perlu berbusana, tetapi seorang muslim harusmempertimbangkan bahan busana yang dipakainya sebab ada bahan busanan yangdiharamkan untuk memakainya misalnya sutra.
  3. Affectual type/ tindakan afektif, yaitu suatu tindakan yang didominasi perasaan atau emosi tanpa refleksi intelektual atau perencanaan yang sadar seperticinta, marah, suka dan duka. Misalnya untuk mengungkapkan rasa cinta, seoranggadis mengenakan busana berwarna merah jambu : sedangkan untukmengungkapkan rasa duka ia menggunakan busana warna hitam.
  4. Traditional action/ tindakan tradisional yaitu tindakan yangdikarenakan kebiasaan atau tradisi. Misalnya pada masyarakat Indonesia berbuka puasa dengan menyantap makanan tradisi sesuai dengan lokus budayanya, sepertikolak dengan berbagai jenis isi, bentuk, warna dan namanya.

Komentar

AMISHA mengatakan…
BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah tanpa agunan.

Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).
Ny. SISKA WIBOWO mengatakan…
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
RIKA NADIA mengatakan…
Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua
"ISKANDAR LENDERS" mengatakan…
Hubungi kami:
                                (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
                                  WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                    Tel .... (+ 44) 7480 729811

Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

Postingan populer dari blog ini

Kapabilitas Sistem Politik Serta Contoh Kasusnya

        Kapabilitas sistem politik merupakan suatu penentu dalam k eberhasilan sistem politik untuk dapat menghadapi tantangan baik yang datangnya dari dalam (domestik) maupun luar (internasional).  Kapabilitas sistem politik  adalah kemampuan sistem politik dalam menghadapi tantangan, dinamika dan perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu Negara atau pengertian lainnya yaitu Kemampuan sistem politik dalam bidang ekstraktif (kemampuan eksplorasi sumber daya alam, dan juga manusia), distributive (kemampuan mengelola SDA dan SDM), regulative (kemampuan menyusun undang-undang, mengatur, serta mengawasi dan mengendalikan tingkah laku individu, kelompok, organisasi, perusahaan, dll. Sehingga dapat patuh dan taat kepada undang-undang yang berlaku), simbolik (kemampuan untuk membangun pencitraan terhadap kepala Negara atau juga rasa bangga terhadap negaranya), responsive (kapabilitas untuk menciptakan daya tanggap kepada masyarakat), dan dalam negeri serta internasional (hubungan interak

Analogi Materi Pembelajaran Dalam Dasar-dasar Logika

PENGE R TIAN ANALOGI Analogi dalam bahasa indonesia ialah ‘kias’ (Arab: qasa = mengukur, membandingkan). Analogi kadang-kadang disebut juga analogi induktif yaitu proses penalaran dari satu fenomena menuju fenomena lain yang sejenis kemudian disimpulkan bahwa apa yang terjadi pada fenomena yang pertama akan terjadi juga pada fenomena yang lain ; demikian pengertian analogi jika kita hendak memformulasikan dalam suatu batasan. Dengan demikian dalam setiap tindakan penyimpulan analogik terdapat tiga unsur yaitu: 1.peristiwa pokok yang menjadi dasar analogi 2. persamaan prinsipal yang menjadi pengikat 3. fenomena yang hendak kita analogikan Sebagian besar pengetahuan kita disamping didapat dengan generalisasi didapat dengan penalaran analogi. Contoh: Jika kita membeli sepasang sepatu (peristiwa) dan kita berkeyakinan bahwa sepatu itu akan enak dan awet dipakai (fenomena yang dianalogikan), Karena sepatu yang dulu dibeli di toko yang sama (persamaan prinsip) awet dan enak dipaka